06 September 2008

Diriku dan Masa Lalu



NAMA Ku DEDY ARFIAN. Dilahirkan di Pontianak pada tanggal 1 Oktober 1969. Orang tua ku tercinta adalah pasangan Kamaruzzaman - Siti Rohani merupakan perpaduan Melayu - Minang. Masa Sekolah Dasar aku selesaikan di SD Suster di Pontianak, memang pada waktu itu SD tersebut merupakan salah satu SD Favorit di Pontianak. Ayah ku seorang PNS, sementara kami adalah 4 bersaudara. Sehingga sang Ibu mensiasati anggaran ekonomi keluarga dengan meminta kami untuk menjual es kampel usai pulang sekolah, nah disinilah secara tidak langsung jiwa enterpreneurship ku mulai terbentuk.
Masa SMP, aku sekolah di kab.Ketapang, karena pada saat itu ayah di mutasikan ke "kota Ale-ale" tersebut sebagai Kepala Dinas Perdagangan. Jujur, pada masa ini lah hidupku berubah menjadi orang yang agak ugal-ugalan, karena pada saat itu adalah masa-masanya bergaul, & pada usia yang lagi puber, tetapi Alhamdulillah prestasiku di sekolah cukup baik, sehingga aku bisa melanjutkan sekolah di SMA Negeri 1 Pontianak.
BERPISAH kota dengan kedua orang tua inilah yang membuat aku menjadi anak yang memaknai hidup, semua fasilitas yang biasa kudapatkan di Ketapang hilang, karena orang tua ku memang sengaja melakukan ini untuk menempa diri. Pada saat di Ketapang, walaupun sekolah sangat dekat dengan rumah, aku menggunakan motor, berbeda terbalik dengan keadaan di Pontianak, yang mana sekolah nya jauh dari rumah harus menggunakan oplet/angkot. Nah disinilah aku merasakan bahwa "Hidup adalah perjuangan"....Thanks to my parents atas tempaan nya.....
SETAMAT SMA, aku melanjutkan studi di Fakultas Teknik Sipil UNTAN. Alhamdulillah pada saat itu aku dipercaya menjadi agen/pemasaran sebuah majalah terkemuka pada saat itu, kembali jiwa bisnisku berkembang lagi, & untuk biaya kuliah bisa tercover, aku sudah mandiri, bahkan untuk seorang mahasiswa, aku termasuk yang berpenghasilan lumayan, sekitar Rp.800.000 s/d Rp1.000.000/ bulan, seingat ku untuk biaya kuliah SPP dan yang lainnya kalau ditotalkan hanya Rp 120.000/semester (6 bulan). Aku menamatkan kuliah dan berhasil meraih gelar "Sarjana Teknik" pada bulan nopember 1995. Demikianlah aku melakoni hidup dan masa sekolah di masa lalu, yang cukup lengkap dengan manis serta pahit getirnya.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Mantap fren. Ini baru namanya caleg tidak gaptek. Saya yakin warga Pontianak khususnya generasi muda sangat terbiasa dengan komputer dan yang terhubung ke dunia maya. Jadi tidak salah jika caleg-caleg seperti Bung Dedy bisa mendekatkan diri kepada konstituen melalui cara ini. Selamata berjuang Bung.

BANG IID mengatakan...

Selamat, Mudah-mudahan harapan dan keinginan untuk menjadi Legislator diridhoi oleh Allah SWT. Dan, kalau udah duduk jangan lupa dengan konstituen, ya...
Ingat, dulu pernah jadi penjual es kampel. hehehehehe

Unknown mengatakan...

Salut!! Ternyata Bang Dedy berbakat juga jadi penulis. Dengan bahasa yang simple, tulisan yang abang sajikan enak banget dibaca. Perjalanan hidup Abang bisa jadi motivasi buat kita2 yg masih muda2 buat ngejalanin hidup, yg kata orang Sunda bilang "life is strugle". Anyway sukses deh bang, moga2 apa yg dicita2kan bisa tercapai. Amin.

Unknown mengatakan...

Not bad kawan.... :-)
Tata89