25 September 2008

Semua Orang Menjual Diri

USAHA SENDIRI "KAYA TIDAK TERBATAS, TETAPI BISA BANGKRUT DAN MISKIN.
BEKERJA PADA ORANG LAIN "KAYA NYA TERTAKAR, TETAPI TIDAK BISA MISKIN ATAU BANGKRUT"
Sejak kecil, manusia harus berinteraksi dengan manusia lainnya. Dalam setiap interaksi tersebut, manusia membuka dirinya agar dikenal oleh orang lain, jika tidak, maka dia akan terkucil dan mengalami kesulitan. Mulai dari memperkenalkan namanya, asal usul nya, sampai mungkin meng"iklankan" keahliannya. Dan proses itu terus menerus berulang sampai dewasa.
Ternyata, sadar atau tidak sadar, setiap dari kita harus "menjual" diri kepada orang lain. Kian banyak dikenal orang lain, semakin mudah menjalani kehidupan, begitulah rumus sederhananya, dikenal dalam arti positif. jangan heran kalau sekarang bentuk kartu nama, baleho-baleho, papan reklame dibuat/ di desain sedemikian rupa sehingga mempunyai daya tarik tersendiri, tujuannya hanya satu : " Menjual diri, perusahaannya atau organisasinya. Jadi apapun profesi anda....ternyata anda seorang sales.
Tuhan menciptakan mahlukNya dengan ciri khas masing2, demikian pula menciptakan manusia. Setiap manusia mempunyai kelebihan2 dan kekurangan2 yang berbeda-beda, oleh karena itu tidak mungkin ada manusia yang hanya memiliki kekurangan atau sebaliknya hanya memiliki kelebihan.
Tidak percaya diri, minder, tidak pandai berkomunikasi, perasaan2 seperti ini lah yang menghantui hidupku pada saat memulai menjadi sales di Jakarta. bagaimana tidak? Pada waktu itu aku berpikir bahwa aku hanyalah orang daerah, komunikasi gaul dikalangan usaha belum fasih, mendatangi calon2 customer yang kantornya serba Wah!...dsb..dsb. Dan biasanya setelah keluar dari kantor2 mereka, aku seakan menyesali diri, mengapa pada saat ketemu dengan orang tsb aku tadi begini dan begitu? rasa2 nya ada aja yang salah, baik itu dari komunikasi, penampilan,maupun sikap. hari2 pertama memang aku merasa minder. Fenomena tersebut membuat aku berpikir keras, bagaimana mengubah sikap minder tersebut menjadi sikap juara.
Ternyata banyak juga orang yang punya sifat minder, karena merasa tidak cantik, tidak tampan. Seperti sudah disampaikan sebelumnya bahwa setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan.....JADILAH DIRI SENDIRI....
Tanpa bermaksud mendiskreditkan orang lain, ini hanya agar para sales yang minder agar segera bertobat dan mengubah sikapnya menjadi percaya diri. Banyak orang jelek yang sukses besar, banyak orang yang cacat ternyata jauh lebih sukses dari orang yang normal. Kenapa? Karena mereka percaya diri dengan meningkatkan hal yang spesial di dalam dirinya.
Lihatlah sosok Oprah Winfrey, secara fisik dia kurang menarik dibanding Madonna, Brithney Spears, Jennifer Lopez. masa kecilnya pun sarat dengan penderitaan, sangat miskin dan bahkan pernah diperkosa oleh saudaranya sendiri. namun justru penderitaannya itu membutnya menjadi wanita yang tangguh, lihat sekarang Oprah adalah wanita terkaya di Amerika, dan wanita yang paling berpengaruh disana lewat acara Talk Show nya, bahkan capres dari Partai Demokrat AS yaitu Barrack Obama memakai Oprah sebagai Jurkam nya....LUAR BIASA!!
Kita alihkan perhatian kepada pembawa acara lain di Indonesia, mungkin kita sepakat bahwa seorang Tukul Arwana adalah orang yang tidak menarik, baik dari fisik maupun penampilan, tetapi justru kekurangan nya itulah yang sesungguh nya merupakan kelebihan yang dimilikinya. Coba perhatikan ketika tukul membawa acara, dia tidak dalam kapasitas ber akting, dia tampil apa adanya, bahkan untuk di lecehkan pun pada saat acara berlangsung dia malah happy aja, justru itu lah yang merupakan kekuatannya..Nah sekarang Tukul termasuk pembawa acara yang paling sukses di indonesia...LUAR BIASA...

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Bung Dedy bisa menggunakan Andy F Noya sebagai juru bicara kampanye yah. SBY aja pakai Andi Malarangeng, Ketum PAN menggunakan Rizal Malarangeng. Bang Izhar menggunakan Mat Jelangor.

Rian mengatakan...

Salut dan selamat buat bung Dedy....!!!Tapi cerita kesuksesannya seperti tak ada kata yang melibatkan DIA Sang Pencipta, hat-2 lho...,La Haula Wala Kuwata Illa Billahi, semua yang kita dapati sekarang adalah Qada dan Qadar dariNya.
Jangan terlalu yakin karena itu karena usaha kita sendiri, karena banyak juga orang yang ketekunan dan kerja kerasnya lebih dari bung Dedy tapi karena DIA belum memberi, Kesuksesan mereka belum tiba...., sory Man..,cume ingatkan jak....

DEDY ARFIAN mengatakan...

SubhanAllah, thx atas masukkannya, ya memang selayaknya kita kembalikan kepada Sang Khalik, Allah SWT,di balik cerita ini mmng tdk tersurat ttg itu, ttp Insya Allah dalam setiap nafas kehidupan ini hrs selalu ingat kpd Nya..se X lg thx berat.. Di postingan "Diriku & Masa Lalu II" ada jg tersurat, bgmna aku meminta petunjuk kpd Allah SWT dgn shalat Istiqarah, apakah tetap stay di Jkt or pulkam ke Ptk...